Catatan Perjalanan (CaPer): Mosakmasik
bersama Pahala Kencana HT 551
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi, siang, sore, malemm
bapak-bapak, mas-mas, mba-mba, ibu-ibu
Postingan pertama saya (TS)
tentang Caper/Catatan Perjalanan dari semarang ke Tangerang (Poris) bersama Pahala
kencana (PeKa) HT 551
Sumber: Grup FB Pahala Kencana
Wokee, sebelum masuk cerita, TS
mau cerita dikit, TS adalah mahasiswa rantau dari tangerang ke semarang. Ts
kuliah di fisip undip udeh masuk semester 4.
Setiap pulang kampung moda transportasi pilihan pertama ts yaitu tidak
lain tidak bukan adalah kapal terbanggggg.
Kenapa kapal terbang??? Ya
kagaklah, becanda. Ya bisss lah. Semarang kan tempatnya bis. Mulai dari
Muriaan, soloensis, sampe wonogirian. Ada belasan sampe puluhan PO yang
ngelewatin Semarang.
Dan TS punya impian mau nyoba
satu per satu bis yang ngelewatin semarang ini.
Kembali ke cerita
5 hari sebelum balik kampung, TS
mulai browsing beberapa bis recommend dan terpilihlah 3 PO yaitu Haryanto, GH,
dan PeKa. Tapi kata hati memutuskan
untuk ngejajalin Peka.
Kenapa Peka?? karena haryanto
udah pernah sama belum kepengen banget naik GH, jadi TS memutuskan untuk naik
Peka.
Sore hari itu juga sekitar pukul
17.00 TS langsung berangkat ke terminal banyumanik buat booking tiket sekalian
liat bis-bis yang masuk terminal banyumanik. Pukul 18.45 mulai masuk beberapa
bis diawali dari beberapa armada Haryanto Team Solo, diikuti Gunung Mulia, KD,
GH, pasukan PeKa, dll.
Tiket PeKa TS tebus dengan seratus
ribu, lima puluh ribu, dan sepuluh ribu masing-masing satu lembar dengan kelas
vip serta no kursi 1A alias hot seat.
Langsung ke Hari H rabu 29/4/2015
Selesai packing sama beres beres
kosan, sekitar pukul 17.45 TS langsung meluncur ke terminal banyumanik. Sampe
terminal jam 18.00 pas dan ga lupa langsung lapor tiket ke agen. Armada yang
ditulis oleh agen adalah P1. Kondisi di terminal banyumanik sore hari itu cukup
ramai.
30 menit nunggu belum ada satupun
bis yang masuk terminal banyumanik. Tumben tumbenan amat inih :(((. Biasanya
jam segiini adalah jam gerombolan bis-bis pada masuk banyumanik
Ternyata eh ternyata ada
rombongan presiden Jokowi di daerah Ungaran, jadi bis-bis terkena imbas
kemacetan.
19.10
Akhirnya bis-bis mulai keliatan,
mulai dari mbak KD Jetbus HD2 Exe, rombongan Gunung Mulia, Gunung Harta Jetbus,
dan lain-lain. Kurang lebih 20 menit kemudian masuklah armada yang
ditunggu-tunggu yaitu armada TS. Pahala Kencana HT 551 dengan mesin Hino RK/RG
(belum tau, masih newbie soalnya) dengan balutan body yang sudah tidak asing
lagi yaitu Jetbus HD (padahal mau nyoba selain Jetbus, mosok Jetbus melee).
Di kaca depan bus tertanda W4. Loh
kok malah dapet W4? Bukannya W4 jatah Depok? TS juga kurang vaham, mungkin
rollingan atau gimana.
Ini dia Armada TS
Sumber : Grup FB Pahala Kencana
Tampak Belakang *sorii blurr
Kesan pertama masuk lumayanlah,
kelas VIP rasa Eksekutif ada bantal, selimut, + leg rest (Cuma agak sempit). Tidak
hanya itu, hiburan di 551 adalah film box office. Biasanya kan Dangdut Pantura.
Mantaplah, jarang-jarang VIP kayak gini.
Interior
5 menit kemudian si 551 langsung
angkat jangkar dan langsung masuk tol banyumanik. Kendali kemudi masih dibawa
oleh supir pinggir. Perawakan supir pinggir ini gemuk dan kumisan. Gaya bawa
supir pinggir agak kasar terlihat dari perpindahan gigi yang kurang mulus, tapi
itu terbayar dengan aksi ke”banter”an si supir pinggir ini. Ada beberapa gunung
mulia, 1 sumba putra, 1 bandung express yang berhasil diasapi dengan mudah oleh
551 di sepanjang jalan tol yang membelah semarang.
Menyusuri jalur semarang barat
dan kendal yang notabene udah jalur pantura, 551 terus dipacu, kanan-kiri
melewati gerombolan truk-truk ekspedisi. Ada beberapa bis yang dikewok dengan
mudah oleh 551 yaitu mba KD, Gunung Harta, gerombolan Gunung Mulia, Handoyo, serta
Selamet.
21.00
Masuk daerah Batang kalo ga salah
daerah Gringsing, dimana tempatnya bis-bis service makan. Semua Rumah makan
kanan kiri isinye bis-bis semuaa. RM Pahala kencana kalo dari timur yaitu RM
sendang wungu. Tidak hanya PeKa yang service makan disini tapi ada juga
beberapa OBL dan Sumba Putra.
Menurut TS makanan nya lumayanlah
karena emang laper. Menunya standar nasi+sayur (ada sayurnya, biasanya cuma
kuahnya doang)+ ayam+teh anget
30 menit istirahat, makan, solat
bareng Peka Bojonegoro-Bandung dan PeKa Nusgem. Tak lama ada teriakan “Poris
Poris berangkat”. Langsung TS kembali ke singgasana hot seat. Kendali kemudi
sekarang dipegang oleh supir tengah. Supir tengah ini masih muda kira-kira
30-35 tahun, rapi dan pake topi. TS beranggapan kalo supir tengah ini kurang
joss karena liat dari penampilannya sama tampangnya. Tapi semua itu berbanding
terbalik 179,99 derajat. Peka 551 dibawa alus, perpindahan gigi ga terlau
kerasa, dan yang pasti banter. Oh iya, supir tengah ini nyupirnya sendiri, ga
ditemenin kernet yang balik tidur di belakang. Kesimpulannya, driver tengah ini
“PRO”.
21.30
Kalo kata temen temen hobi naik
bis, mulai dari keluar makan jangan sampe ketiduran, karena sensasi “pantura
race” atau balapan bis didapat mulai keluar dari Rumah Makan. Semua bis yang
jalan timur bisa dibilang secara barengan keluar dari setiap rumah makan.
Etape I Tanjakan Plelen
Masuk tanjakan plelen ada barisan
bis didepan mulai selamet, bejeu, handoyo, dan Peka 551. Diawali aksi dari
Bejeu yang mengasapi Selamet dengan susah payah. Terpancing aksi Bejeu, HT 551
pun ga mau kalah, handoyo yang sepertinya make mesin MB (cmiiw) akhirnya
berhasil di blong oleh mesin Hino HT 551 ini. Handoyo selesai, lanjut ke
Selamet. Tapi aksi ngeblong Selamet selalu gagal karena banyak kendaraan dari
arah berlawanan. Waduhh bejeu makin jauh dong kalo gini ceritanya :((. Tapi selepas
plelen Selamet pun mudah diasapi oleh HT 551. Bener aja, Bejeu udah makin jauh
dan dengan asiknya main sein kanan-kiri ngelewatin pasukan truk.
Etape II Plelen, Pekalongan, Pemalang,
Tegal
Sepanjang jalur pantura ini. Aksi
supir tengah makin jadi. Aksinya bikin deg-deg serrr. Nganan-ngiri, lampu dim,
sein kedap-kedip, dan rem agak patah-patah. Ini baru sensasi bis malem.
Wooohooo
Tercatat bis-bis yang dikewok ada
gerombolan Nusantara Black Pearl (Livery NS Black Pearl menurut TS keren
banget. Simple+elegan), pasukan Rosalia Indah, gerombolan Harapan Jaya, Handoyo,
Putra Remaja, Laju Prima, dan ada 2 Bejeu yang berhasil di blong oleh HT 551
(Sori lupa nyatet Bejeu seri berapa).
Hampir semua bis yang ada didepan
pasti dilahap dengan HT 551. Tapi masuk tegal, liat spion ada yang lampu dim
kedap-kedip, dan ga lama Wuuuusssh, bis TS diasapi Haryanto HR 54. Supir
nampaknya agak kecewa di blong HR :((. Supir sontak bilang “waduuh piyee di
blong Haryanto lagi”. Setelah melewati HT 551 HR 54 lama kelamaan mulai tidak
kelihatan ditelan gelapnya pantura hahayy.
Etape III Brebes, Tol Pejagan, Cirebon,
Indramayu
Belum menemui macet hingga masuk
Brebes. Brebes saat itu lancar,
seperti biasa dipenuhi oleh truk dan bis.
Sampe dimana ada kejadian di
deket stasiun Brebes yakni bis Harapan Jaya yang ada di depan bis TS tiba-tiba
ngerem mendadak. Otomatis sang supir langsung menginjak rem terhitung 3x ngerem
tapi tidak berhasil menghindar. Alhasil HT 551 inipun menyundul Bokong HarJay
jatah Bogor tersebut. Akhirnya 2 bis inipun minggir dan nyalain hazard. 30
menit kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk nyelesain masalah ini.
Hasil Sundulan
Lepas brebes langsung masuk tol
pejagan. Disini bis bener-bener dipacu maksimal atau top speed (mentok vrrohh)
kalo kata anak bismania inimah Terbang Rendah. Kurang lebih ada 7 Sumber Alam,
3 Handoyo yang mudah dibalap oleh HT 551. Selain itu juga salah satunya ada
Harjay yang disundul tadi juga disalip oleh bis TS. Tak lupa si supir
membunyikan klakson Hino-nya setelah melawati Harjay itu.
Exit tol, mata TS makin tidak
bisa diajak kompromi. Dan hasilnya pun, tidur selepas keluar tol dan
bangun-bangun sudah istirahat di RM Uun di daerah Indaramayu.
Etape IV Indramayu-Tangerang
03.30
Setelah istirahat kurang lebih 20
menitan. Bis TS kembali mengaspal pantura dengan supir pinggir kembali di balik
kemudi. Lawan lawan yang dihadapi sampai dengan pintu masuk tol Cikampek adalah pasukan Rosalia Indah, Zentrum Jetbus
HD2, Kramat djati, Garuda mas.
Sekitaran sebelum masuk tol
cikampek arah ke Jakarta pun macet (akhirnya macet juga haha). Aksi buka jalur
pun dilakukan oleh si supir dan minggir seketika dari arah berlawanan ada
kendaraan besar.
Sepanjang tol mulai dari
Karawang, HT 551 selalu ambil bahu jalan. Keadaan tol subuh itu memang ramai
lancar. Seperti biasa, pagi di Jakarta selalu padat kendaraan. Cawang dan semanggi
adalah titik-titik kemacetan pagi itu.
07.15
Finish Tangerang (Poris) dan tak
lupa mengucapkan terima kasih kepada supir dan kernet atas sensasi yang
disuguhkan semalaman :D
Sekian, caper dari TS tunggu
cerita-cerita berikutnya
Wassalamualaikum wr wb
Pahala Kencana HT 551 (W4)
Vip : Rp 160.000
AC+Toilet
Service makan 1x
Leg rest
Selimut+Bantal
Dan yang pasti BANTER
(Recommended Bus)
Untuk kelas VIP ada toiletnya ya mas? Kirain cuma Executive ajja..
BalasHapusUntuk kelas VIP ada toiletnya ya mas? Kirain cuma Executive ajja..
BalasHapuspengalaman yang aduhai ya mas, menikmati manuver liukan body sexy bis malem..
BalasHapusmantab