Selasa, 19 Mei 2015

Catatan Perjalanan : MosakMasik bersama Pahala Kencana HT 551


Catatan Perjalanan (CaPer): Mosakmasik bersama Pahala Kencana HT 551

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi, siang, sore, malemm bapak-bapak, mas-mas, mba-mba, ibu-ibu

Postingan pertama saya (TS) tentang Caper/Catatan Perjalanan dari semarang ke Tangerang (Poris) bersama Pahala kencana (PeKa) HT 551

Sumber: Grup FB Pahala Kencana

Wokee, sebelum masuk cerita, TS mau cerita dikit, TS adalah mahasiswa rantau dari tangerang ke semarang. Ts kuliah di fisip undip udeh masuk semester 4.  Setiap pulang kampung moda transportasi pilihan pertama ts yaitu tidak lain tidak bukan adalah kapal terbanggggg.

Kenapa kapal terbang??? Ya kagaklah, becanda. Ya bisss lah. Semarang kan tempatnya bis. Mulai dari Muriaan, soloensis, sampe wonogirian. Ada belasan sampe puluhan PO yang ngelewatin Semarang.
Dan TS punya impian mau nyoba satu per satu bis yang ngelewatin semarang ini.

Kembali ke cerita
5 hari sebelum balik kampung, TS mulai browsing beberapa bis recommend dan terpilihlah 3 PO yaitu Haryanto, GH, dan PeKa.  Tapi kata hati memutuskan untuk ngejajalin Peka. 
Kenapa Peka?? karena haryanto udah pernah sama belum kepengen banget naik GH, jadi TS memutuskan untuk naik Peka.

Sore hari itu juga sekitar pukul 17.00 TS langsung berangkat ke terminal banyumanik buat booking tiket sekalian liat bis-bis yang masuk terminal banyumanik. Pukul 18.45 mulai masuk beberapa bis diawali dari beberapa armada Haryanto Team Solo, diikuti Gunung Mulia, KD, GH, pasukan PeKa, dll.

Tiket PeKa TS tebus dengan seratus ribu, lima puluh ribu, dan sepuluh ribu masing-masing satu lembar dengan kelas vip serta no kursi 1A alias hot seat.



Langsung ke Hari H rabu 29/4/2015
Selesai packing sama beres beres kosan, sekitar pukul 17.45 TS langsung meluncur ke terminal banyumanik. Sampe terminal jam 18.00 pas dan ga lupa langsung lapor tiket ke agen. Armada yang ditulis oleh agen adalah P1. Kondisi di terminal banyumanik sore hari itu cukup ramai.
30 menit nunggu belum ada satupun bis yang masuk terminal banyumanik. Tumben tumbenan amat inih :(((. Biasanya jam segiini adalah jam gerombolan bis-bis pada masuk banyumanik
Ternyata eh ternyata ada rombongan presiden Jokowi di daerah Ungaran, jadi bis-bis terkena imbas kemacetan.

19.10
Akhirnya bis-bis mulai keliatan, mulai dari mbak KD Jetbus HD2 Exe, rombongan Gunung Mulia, Gunung Harta Jetbus, dan lain-lain. Kurang lebih 20 menit kemudian masuklah armada yang ditunggu-tunggu yaitu armada TS. Pahala Kencana HT 551 dengan mesin Hino RK/RG (belum tau, masih newbie soalnya) dengan balutan body yang sudah tidak asing lagi yaitu Jetbus HD (padahal mau nyoba selain Jetbus, mosok Jetbus melee).

Di kaca depan bus tertanda W4. Loh kok malah dapet W4? Bukannya W4 jatah Depok? TS juga kurang vaham, mungkin rollingan atau gimana.
Ini dia Armada TS













Sumber : Grup FB Pahala Kencana


Tampak Belakang *sorii blurr


Kesan pertama masuk lumayanlah, kelas VIP rasa Eksekutif ada bantal, selimut, + leg rest (Cuma agak sempit). Tidak hanya itu, hiburan di 551 adalah film box office. Biasanya kan Dangdut Pantura. Mantaplah, jarang-jarang VIP kayak gini.

Interior













Sumber : Grup FB Pahala Kencana

5 menit kemudian si 551 langsung angkat jangkar dan langsung masuk tol banyumanik. Kendali kemudi masih dibawa oleh supir pinggir. Perawakan supir pinggir ini gemuk dan kumisan. Gaya bawa supir pinggir agak kasar terlihat dari perpindahan gigi yang kurang mulus, tapi itu terbayar dengan aksi ke”banter”an si supir pinggir ini. Ada beberapa gunung mulia, 1 sumba putra, 1 bandung express yang berhasil diasapi dengan mudah oleh 551 di sepanjang jalan tol yang membelah semarang.

Menyusuri jalur semarang barat dan kendal yang notabene udah jalur pantura, 551 terus dipacu, kanan-kiri melewati gerombolan truk-truk ekspedisi. Ada beberapa bis yang dikewok dengan mudah oleh 551 yaitu mba KD, Gunung Harta, gerombolan Gunung Mulia, Handoyo, serta Selamet.

21.00
Masuk daerah Batang kalo ga salah daerah Gringsing, dimana tempatnya bis-bis service makan. Semua Rumah makan kanan kiri isinye bis-bis semuaa. RM Pahala kencana kalo dari timur yaitu RM sendang wungu. Tidak hanya PeKa yang service makan disini tapi ada juga beberapa OBL dan Sumba Putra.

Menurut TS makanan nya lumayanlah karena emang laper. Menunya standar nasi+sayur (ada sayurnya, biasanya cuma kuahnya doang)+ ayam+teh anget

30 menit istirahat, makan, solat bareng Peka Bojonegoro-Bandung dan PeKa Nusgem. Tak lama ada teriakan “Poris Poris berangkat”. Langsung TS kembali ke singgasana hot seat. Kendali kemudi sekarang dipegang oleh supir tengah. Supir tengah ini masih muda kira-kira 30-35 tahun, rapi dan pake topi. TS beranggapan kalo supir tengah ini kurang joss karena liat dari penampilannya sama tampangnya. Tapi semua itu berbanding terbalik 179,99 derajat. Peka 551 dibawa alus, perpindahan gigi ga terlau kerasa, dan yang pasti banter. Oh iya, supir tengah ini nyupirnya sendiri, ga ditemenin kernet yang balik tidur di belakang. Kesimpulannya, driver tengah ini “PRO”.

21.30
Kalo kata temen temen hobi naik bis, mulai dari keluar makan jangan sampe ketiduran, karena sensasi “pantura race” atau balapan bis didapat mulai keluar dari Rumah Makan. Semua bis yang jalan timur bisa dibilang secara barengan keluar dari setiap rumah makan.

Etape I Tanjakan Plelen

Masuk tanjakan plelen ada barisan bis didepan mulai selamet, bejeu, handoyo, dan Peka 551. Diawali aksi dari Bejeu yang mengasapi Selamet dengan susah payah. Terpancing aksi Bejeu, HT 551 pun ga mau kalah, handoyo yang sepertinya make mesin MB (cmiiw) akhirnya berhasil di blong oleh mesin Hino HT 551 ini. Handoyo selesai, lanjut ke Selamet. Tapi aksi ngeblong Selamet selalu gagal karena banyak kendaraan dari arah berlawanan. Waduhh bejeu makin jauh dong kalo gini ceritanya :((. Tapi selepas plelen Selamet pun mudah diasapi oleh HT 551. Bener aja, Bejeu udah makin jauh dan dengan asiknya main sein kanan-kiri ngelewatin pasukan truk.

Etape II Plelen, Pekalongan, Pemalang, Tegal

Sepanjang jalur pantura ini. Aksi supir tengah makin jadi. Aksinya bikin deg-deg serrr. Nganan-ngiri, lampu dim, sein kedap-kedip, dan rem agak patah-patah. Ini baru sensasi bis malem. Wooohooo
Tercatat bis-bis yang dikewok ada gerombolan Nusantara Black Pearl (Livery NS Black Pearl menurut TS keren banget. Simple+elegan), pasukan Rosalia Indah, gerombolan Harapan Jaya, Handoyo, Putra Remaja, Laju Prima, dan ada 2 Bejeu yang berhasil di blong oleh HT 551 (Sori lupa nyatet Bejeu seri berapa).

Hampir semua bis yang ada didepan pasti dilahap dengan HT 551. Tapi masuk tegal, liat spion ada yang lampu dim kedap-kedip, dan ga lama Wuuuusssh, bis TS diasapi Haryanto HR 54. Supir nampaknya agak kecewa di blong HR :((. Supir sontak bilang “waduuh piyee di blong Haryanto lagi”. Setelah melewati HT 551 HR 54 lama kelamaan mulai tidak kelihatan ditelan gelapnya pantura hahayy.

Etape III Brebes, Tol Pejagan, Cirebon, Indramayu

Belum menemui macet hingga masuk Brebes. Brebes saat itu lancar, seperti biasa dipenuhi oleh truk dan bis.

Sampe dimana ada kejadian di deket stasiun Brebes yakni bis Harapan Jaya yang ada di depan bis TS tiba-tiba ngerem mendadak. Otomatis sang supir langsung menginjak rem terhitung 3x ngerem tapi tidak berhasil menghindar. Alhasil HT 551 inipun menyundul Bokong HarJay jatah Bogor tersebut. Akhirnya 2 bis inipun minggir dan nyalain hazard. 30 menit kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk nyelesain masalah ini.

Hasil Sundulan


Lepas brebes langsung masuk tol pejagan. Disini bis bener-bener dipacu maksimal atau top speed (mentok vrrohh) kalo kata anak bismania inimah Terbang Rendah. Kurang lebih ada 7 Sumber Alam, 3 Handoyo yang mudah dibalap oleh HT 551. Selain itu juga salah satunya ada Harjay yang disundul tadi juga disalip oleh bis TS. Tak lupa si supir membunyikan klakson Hino-nya setelah melawati Harjay itu.

Exit tol, mata TS makin tidak bisa diajak kompromi. Dan hasilnya pun, tidur selepas keluar tol dan bangun-bangun sudah istirahat di RM Uun di daerah Indaramayu.

Etape IV Indramayu-Tangerang

03.30
Setelah istirahat kurang lebih 20 menitan. Bis TS kembali mengaspal pantura dengan supir pinggir kembali di balik kemudi. Lawan lawan yang dihadapi sampai dengan pintu masuk tol Cikampek  adalah pasukan Rosalia Indah, Zentrum Jetbus HD2, Kramat djati, Garuda mas.
Sekitaran sebelum masuk tol cikampek arah ke Jakarta pun macet (akhirnya macet juga haha). Aksi buka jalur pun dilakukan oleh si supir dan minggir seketika dari arah berlawanan ada kendaraan besar.

Sepanjang tol mulai dari Karawang, HT 551 selalu ambil bahu jalan. Keadaan tol subuh itu memang ramai lancar. Seperti biasa, pagi di Jakarta selalu padat kendaraan. Cawang dan semanggi adalah titik-titik kemacetan pagi itu.

07.15
Finish Tangerang (Poris) dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada supir dan kernet atas sensasi yang disuguhkan semalaman :D

Sekian, caper dari TS tunggu cerita-cerita berikutnya
Wassalamualaikum wr wb

Pahala Kencana HT 551 (W4)
Vip : Rp 160.000
AC+Toilet
Service makan 1x
Leg rest
Selimut+Bantal
Dan yang pasti BANTER (Recommended Bus)




3 komentar:

  1. Untuk kelas VIP ada toiletnya ya mas? Kirain cuma Executive ajja..

    BalasHapus
  2. Untuk kelas VIP ada toiletnya ya mas? Kirain cuma Executive ajja..

    BalasHapus
  3. pengalaman yang aduhai ya mas, menikmati manuver liukan body sexy bis malem..
    mantab

    BalasHapus